Friday, 13 June 2014

Teknik Budidaya Sebagai Pengendalian Penyakit Tanaman

Teknik Budidaya Sebagai Pengendalian Penyakit Tanaman

Salah satu cara pengendalian penyakit tanaman adalah dengan tindakan budidaya yang telah dijabarkan pada bagian 2 terdahulu, maka pada tulisan ini kita akan melanjutkan penjelasan tentang pengendalian penyakit tanaman dengan cara Teknik Budidaya.

3. Teknik Budidaya
Teknik budidaya mempengaruhi penyakit tanaman dengan beberapa cara. Pada penanaman sayuran dalam pergiliran tanaman, faktor yang paling penting berkenaan dengan penyebaran penyakit dari pertanaman tua ke pertanaman  yang lebih muda. Sebagai contoh adalah penting untuk menempatkan bedengan-bedengan untuk penanaman baru mentimun sejauh mungkin dari pertanaman yang lebih tua agar tidak terjadi penurunan hasil yang signifikan. Penurunan hasil disebabkan oleh infeksi yang progresif (makin meningkat) dari embun tepung. Pengaturan kembali bedengan-bedengan, memisahkan pertanaman baru dari pertanaman lama akan sangat meniadakan masalah embun tepung tersebut.

Penyakit juga dipengaruhi oleh jarak tanaman. Dalam teori, penyakit dapat didorong baik oleh jarak tanam terlalu lebar (membiarkan lebih mudah masuknya patogen) maupun jarak tanam terlalu sempit yang menciptakan lingkungan lebih lembab yang cocok untuk beberapa kelompok patogen tertentu. Di daerah tropika basah, yang akhir terakhir lebih sering terjadi. seperti penyakit busuk daun pada buncis yang disebabkan oleh Thanatephorus cucumeris.

Pengairan berlebihan mendorong penyakit rebah-semai, sedang penyiraman curahan (overhead irrigation) mendorong penyakit daun dan penyebarannya, terutama yang disebabkan oleh bakteri. Penggunaan pipa-pipa pengairan yang kurang hati-hati dapat melempar butir-butir tanah ke atas. menimbulkan luka-lukan sangat kecil yang memungkinkan masuknya berbagai patogen. Inilah sebabnya mengapa mulsa demikian penting dalam budidaya sayuran berjaringan lunak, khususnya yang rentan terhadap penyakit busuk-lunak. Sebagai aturan umum berlaku lebih baik kurang air (underwater) daripada kelebihan air (overwater).

menanam-tanaman
jarak tanam merupakan salah satu contoh teknik budidaya


Teknik Budidaya Sebagai Pengendalian Penyakit Tanaman
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan Artikel di atas? Silakan berlangganan artikel terbaru langsung via email.

Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

Kepada pembaca setia kami yang meninggalkan komentar dengan mencantumkan link aktif, tanpa mengurangi rasa hormat komentar anda akan kami delete.

Untuk menambahkan komentar anda harus menjadi anggota blog ini, isi formulir pendaftaran dibawah ini .
Daftar menjadi anggota

Jika ingin menambahkan komentar tapi tidak mau menjadi member blog, silahkan komentar menggunakan kolom komentar facebook.

Terima kasih atas atensi dan kesopanan anda.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Member