Monday, 2 June 2014

Memahami Pengertian Sayuran

Memahami Pengertian Sayuran

arti sayuran
(Ilustrasi)
Istilah sayuran biasanya merujuk kepada tunas, daun, buah dan akar tanaman yang lunak dan dapat dimakan secara utuh atau sebagian, segar mentah atau dimasak, sebagai pelengkap makanan. Sayuran biasanya dipanen dalam keadaan masih segar, dimana kandungan airnya masih tinggi, dengan demikian ketika jenis tanaman ini dibedakan dengan tanaman pangan lain yang dipanen dalam stadia masak guna memperoleh biji,polongnya biji minyaknya atau seratnya, kandungan air yang tinggi pada sayuran ini menyebabkan penanganannya, pengangkutannya dan pemasarannya menjadi masalah khusus.

"Faktor lain yang membedakan pertanian sayuran dari tipe pertanian yang lain adalah luas lahan usaha tani dan sifat intensif dari pertanian sayuran, terlepas dari peran nutrisinya sayuran menduduki tempat khusus dalam sistem pertanian karena metode pengusahaannya yang sangat intensif, karena sayuran dipanen dalam bentuk segar maka hasilnya jika diusahan dengan maksimal akan mendapat keuntungan yang sangat tinggi".

Didaerah tropis, usaha tani sayuran sangat dipengaruhi oleh ketinggian tempat, diberbagai tempat tipe-tipe usaha tani sayuran seringkali saling berbeda satu sama lainnya,secara luas perbedaan ini dapat di kategorikan kepada jenis atau spesies sayuran, sebagai contoh okra dan terong lebih banyak ditanam di daerah tropis yang berdataran rendah, sedangkan untuk kubis, kubis crop, kubis bunga, dan wortel lebih banyak diusahakan didataran tinggi.
Memahami Pengertian Sayuran
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan Artikel di atas? Silakan berlangganan artikel terbaru langsung via email.

Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

Kepada pembaca setia kami yang meninggalkan komentar dengan mencantumkan link aktif, tanpa mengurangi rasa hormat komentar anda akan kami delete.

Untuk menambahkan komentar anda harus menjadi anggota blog ini, isi formulir pendaftaran dibawah ini .
Daftar menjadi anggota

Jika ingin menambahkan komentar tapi tidak mau menjadi member blog, silahkan komentar menggunakan kolom komentar facebook.

Terima kasih atas atensi dan kesopanan anda.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Member