Monday, 16 June 2014

Nematoda Sebagai Hama Pengganggu Tanaman

Nematoda Sebagai Hama Pengganggu Tanaman

Selain serangga, Eriopydiae, Tikus, Siput dan Keong, sebagai hama pengganggu tanaman, masih ada jenis hewan lainnya yang juga menjadi hama pengganggu tanaman, yaitu Nematoda.

Nematoda adalah cacing-cacing bulat  yang ramping, biasanya kurang dari 2 mm panjangnya, yang umumnya terdapat dalam tanah.

Di kebun-kebun sayuran, dengan jenis tanaman dari suku Meloidogyne mengandung spesies-spesies hama penting yang menyebabkan bintil-bintil akar yang telah dikenal pada sejumlah jenis tanaman, termasuk kerabat Brassica (kubis-kubisan), yang kadang keliru membedakannya dengan penyakit akar pekuk (clubroot). Suku ini sering terlibat dengan keparahan yang meningkat dari banyak penyakit layu layu dengan mempermudah masuknya patogen seperti Fusarium spp. atau penyakit layu bakteri (Pseudomonas solanacearum) melalui luka-luka makan. Spesies lain seperti Pratulenchus, Rorylenchus, Ditylenchus dan Helycotilenchus terlibat dalam kelemahan tanaman secara umum dan sering tidak diperhatikan meskipun kehilangan hasilnya dapat cukup besar. Perhatian khusus diperlukan terhadap nematoda dalam sistem irigasi. Spesies-spesies seperti Xyphenema, Longidorus, dan Trichodorus adalah vektor-vektor dari beberapa penyakit virus. tetapi mereka berarti penting dalam pertanian sayuran.

Untuk pengendaliannya, fumigan-fumigan tanah umum cukup efektif, meskipun sangat beracun. Berbagai nematisida butiran sekarang tersedia yang kurang berbahaya dalam aplikasinya (Terracur, Nemacur, Vydate, dan Temik). Fitosanitasi dan pergiliran tanaman merupakan kunci-kunci untuk menghindari menimbunnya nematoda yang merusak. Terdapat juga beberapa tanaman penjebak (trap crop) yang berhasil baik dengan cepat dapat menurunkan populasinya, atau dapat juga dengan menambahkan bahan organik pada tanah.

Karena terdapat banyak spesies saprofit dan karena beberapa diantaranya bersifat prasitik tersembunyi dan membahayakan, dianjurkan untuk mengadakan analisis tanah terhadap hama ini, terutama jika pertanaman tidak berhasil tumbuh subur tanpa ada hama atau penyakit yang jelas.

menanam-tanaman
(Nematoda, Hama Pengganggu Tanaman)

Nematoda Sebagai Hama Pengganggu Tanaman
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan Artikel di atas? Silakan berlangganan artikel terbaru langsung via email.

Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

Kepada pembaca setia kami yang meninggalkan komentar dengan mencantumkan link aktif, tanpa mengurangi rasa hormat komentar anda akan kami delete.

Untuk menambahkan komentar anda harus menjadi anggota blog ini, isi formulir pendaftaran dibawah ini .
Daftar menjadi anggota

Jika ingin menambahkan komentar tapi tidak mau menjadi member blog, silahkan komentar menggunakan kolom komentar facebook.

Terima kasih atas atensi dan kesopanan anda.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Member