Tuesday, 4 November 2014

Daun Sirih Pestisida Organik Tanaman Hidroponik

Daun Sirih Pestisida Organik Tanaman Hidroponik

Tanaman hidroponik memerlukan perlakuan khusus, jika bisa kita ibaratkan tanaman hidroponik merupakan jenis perlakuan manja dibanding tanaman yang langsung ditanam di permukaan tanah, selain menjaga kadar air yang terdapat dalam media tanam hidroponik menjaga tanaman dari serangan hama dan penyakit juga penting dilakukan.


Aneka pestisida nabati dikembangkan oleh para pakar tanaman, selain daun sirsak sebagai pestisida nabati juga bisa di buat dengan menggunakan daun sirih.

Daun sirih selain bermanfaat dalam dunia medis untuk berbagai pengobatan, juga bermanfaat untuk mengusir hama pengganggu tanaman terutama untuk jenis serangga hama penghisap, secara kimia daun sirih mengandung senyawa Flavonoid, Polivenol, alkoloid, tanin, minyak astsiri, saponin, hidroksikaficol, kavicol, kavibetol, allylprokatekol, karvokrol, eugenol, P-cymene, cineole, coryofelen, kadimen, ekstragol, terpenana, dan fenil propoda. 

Serangga penghisap yang kebanyakan menyerang tanaman hidropnik khususnya untuk jenis tanaman horti adalah ; kutu daun aphid, trhips, sebagai contoh kita bisa melihat pada tanaman cabai, di balik daun cabai biasanya jenis hama tersebut paling banyak menyerang, serangan tersebut biasanya terjadi dari sore menjelang senja dan malam hari.

Mengingat aktifnya serangga penghisap tersebut pemberian pestisida nabati khususnya pestisida nabti dari daun sirih bisa dilakukan pada waktu sore dan pagi hari pada tanaman hidroponik kesayangan anda.

Mengapa daun sirih?
Kandungan senyawa Flavanoid, tanin, dan minyak atsiri pada daun sirih dapat menimbulkan bau dan rasa pahit bagi serangga, dengan demikian daun sirih sangat baik digunakan untuk mengusir serangga hama jenis penghisap tersebut.

Cara sederhana membuat pestisida nabati dari daun sirih.
1. Siapkan daun sirih sebanyak dua puluh lembar (sesuaikan dengan kebutuhan anda)
2. Tumbuk halus daun sirih.
3. Rendam hasil tumbukan daun sirih kedalam air hangat
4. Diamkan selam lebih kurang sepuluh menit
5. Saring, sisa penyaringan bisa juga di taburkan di sekitar polybag tanaman sebagai pupk nabati
6. Simpan di dalam botol atau jeriken (Untuk kebutuhan lama)
7. Ekstark daun sirih siap digunakan.

Cara pemakaian pestisida nabati daun sirih untuk tanaman hidroponik
1. Tuangkan ekstrak daun sirih kedalam spayer
2. Semprot ekstrak daun kebagian bawah lamina daun tanaman hidroponik anda.

Demikian cara pembuatan pestisida nabati menggunakan Daun sirih sebagai pestisida organik untuk tanaman hidroponik, kegiatan pembuatan pestisida nabati daun sirih diatas sudah saya coba pada tanaman cabai hidroponik di belakang rumah, sejauh ini bisa saya simpulkan dengan pemberian rutin dan teratur tanaman cabai hodropnik saya tumbuh baik dan subur, Alhamdulillah hingga saat ini saya tidak satupun menggunakan pupuk kimia dan pestisida kimia untuk menjaga kesuburan tanaman cabai hidroponik saya.

Jika anda punya pertanyaan seputar pembahasan kita kali ini silahkan tulis di kolom komentar, terima kasih atas kunjungan anda, selamat bertanam hidroponik. 
Daun Sirih Pestisida Organik Tanaman Hidroponik
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan Artikel di atas? Silakan berlangganan artikel terbaru langsung via email.

Komentar Facebook
2 Komentar Blogger

2 comments

Tulis comments
avatar
13 April, 2015 22:36

Terima kasih atas tipsnya, semoga pertanian indonesia jaya.

Reply
avatar
14 April, 2015 17:16

Terima kasih sudah berkunjung, bro anak kampung mana? bertanam hidroponik juga ya?

Reply

Kepada pembaca setia kami yang meninggalkan komentar dengan mencantumkan link aktif, tanpa mengurangi rasa hormat komentar anda akan kami delete.

Untuk menambahkan komentar anda harus menjadi anggota blog ini, isi formulir pendaftaran dibawah ini .
Daftar menjadi anggota

Jika ingin menambahkan komentar tapi tidak mau menjadi member blog, silahkan komentar menggunakan kolom komentar facebook.

Terima kasih atas atensi dan kesopanan anda.

Note: only a member of this blog may post a comment.