Thursday, 16 April 2015

Tipe Gejala Utama Penyakit Tanaman Disebabkan Bakteri

Tipe Gejala Utama Penyakit Tanaman Disebabkan Bakteri

Berikut tabel karakteristik gejala penyakit akibat bakteri yang diambil dari pendapat klement (1990), bagi anda yang ingin mengetahui gejala penyakit pada tanaman kesayangan anda, silahkan perhatikan pada tabel dibawah ini.
Tipe Gejala Utama Penyakit Tanaman Disebabkan Bakteri
(Ilustrasi)

No Tipe Penyakit Jaringan Yang Terserang Jenis Penyakit Nama Patogen
1 Bercak daun Serangan pada ruang antara sel dan nekrotik pada jaringan parenkim. Bercak kebasahan, eksudat oose bakteri, bercak daun bersudut hawar halo, klorosis pada daun muda, hawar daun, bercak buah. -Pseudomonas
- Xanthomonas
2 Penyakit kanker dan mati meranting Serangan pada kulit dan jaringan berkayu melalui luka, tunas, kelopak daun, daun muda dan bunga. Nekrosis kulit, kangker, gummosis, mati meranting (apoplexy), hawar pucuk, daun berlobang, busuk tunas, nekrosis kulit, mati meranting, oose bakteri, hawar bunga dan ranting. Kelompok bakteri, Pseudomonas syringae, Pv Syringae.

- Erwinia amylavora
3 Layu pembuluh Serangan pada jaringan pembuluh Layu, kerdil, jaringan pembuluh berwarna cokelat, busuk melingkar pada kentang, bercak mata burung pada tomat Bakteri, Coryneform, Ralstonia solanacearum, beberapa Xhantomonas dan Erwinia.
4 Busuk lunak Maserasi pada lamella tengah dan dinding primer sel tanaman Busuk lunak pada umbi kentaqng, bawang dan lain-lain, penyakit kaki hitam. Erwinia dan beberapa Pseudomonas
5 Proloferasi dan tumor ransangan pada sel tanaman dan jaringan untuk tumbuh abnormal Bengkak mahkota, crown gall, bengkak pada ranting, akar berlebihan (hairy root), fasciation Agrobacteria, Ralstonia fascians, Pseudomonas savastanoi subsp savastanoi.
Tipe Gejala Utama Penyakit Tanaman Disebabkan Bakteri
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan Artikel di atas? Silakan berlangganan artikel terbaru langsung via email.

Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

Kepada pembaca setia kami yang meninggalkan komentar dengan mencantumkan link aktif, tanpa mengurangi rasa hormat komentar anda akan kami delete.

Untuk menambahkan komentar anda harus menjadi anggota blog ini, isi formulir pendaftaran dibawah ini .
Daftar menjadi anggota

Jika ingin menambahkan komentar tapi tidak mau menjadi member blog, silahkan komentar menggunakan kolom komentar facebook.

Terima kasih atas atensi dan kesopanan anda.

Note: only a member of this blog may post a comment.