Tuesday, 22 May 2018

Hama Berikut Ini Bisa Dikendalikan Dengan Minyak Sereh

Hama Berikut Ini Bisa Dikendalikan Dengan Minyak Sereh

Biasanya tanaman sereh ini digunakan ibu-ibu di kampung sebagai bagian dari bumbu masak, namun ternyata dibalik fungsinya sebagai bumbu masak, sereh juga ampuh dimanfaatkan sebagai pengusir serangga hama, selain itu dulu nenek di kampung saya juga menggunakan minyak sereh untuk mengusir nyamuk. 

Pemanfaatan minyak sereh sebagai pengusir hama ini pernah di buat oleh Mizu Istianto di balai penelitian tanaman buah tropika di arpan – solok, sumatera barat, dari sinilah kita coba urai kembali cara memanfaatkan minyak sereh ini, dan hama apa saja yang takut terhadap minyak sereh ini. 

Landasan utama dari pemanfaatan bahan alami sebagai pengendali hama, barangkali karena banyaknya dampak bahaya yang ditimbulkan dengan menggunakan pestisida sintetik, terutama terhadap konsumen, maka dari itu semakin berkembanglah pengembangan pestisida nabati. 

Salah satu bahan alami yang dimanfaatkan sebagai pestisida nabati adalah tanaman sereh, dan untuk memanfaatkannya terlebih dahulu sereh di olah menjadi minyak atsiri sereh. 

Keuntungan menggunakan minyak atsiri sereh 

Sereh merupakan bahan alami sehingga mudah terutai oleh alam, dan tidak membahayakan bagi lingkungan dan produk pertanian, kemudian sereh juga mudah didapatkan di pasar, bahkan dipekarangan rumah juga mudah tumbuh, selain itu minyak atsiri sereh juga sudah banyak dijadikan sebagai usaha rumah tangga, sehingga cukup tersedia dipasaran. 

Harga minyak atsiri sereh relative murah jika dibanding dengan harga pestisida sintetik, cara penggunaannya juga mudah, sehingga semua orang bisa menggunakannya. 

Jenis hama apa saja yang bisa dikendalikan dengan minyak atsiri sereh ini ? 

Hama yang bisa dikendalikan oleh minya sereh adalah, penggerek buah jeruk, kutu putih, kutu dompolan, aphid, thrips, lalat buah, dan kutu sisik. 

Bagaimana cara kerjanya sehingga minyak sereh bisa mengendalikan hama ? 

Minyak sereh berfungsi sebagai penolak, cara kerjanya adalah dengan mengacaukan aroma penarik yang dikeluarkan tanaman inang, anda tentu paham serangga hama tidak datang begitu saja kepada tanaman inang jika tidak ada senyawa yang menjadi penariknya, dengan minyak sereh ini hama menuju tanaman inang bisa dialihkan. 

Hama Berikut Ini Bisa Dikendalikan Dengan Minyak Sereh
(Ilustrasi - Penyemprotan minyak sereh Foto - Balitbu-solok)
Minyak sereh berfungsi sebagai penghambat makan, minyak atsiri sereh yang diaplikasikan pada tanaman mampu menekan peran bahan peransang makan, yang dihasilkan tanaman tersebut sehingga menimbulkan ketidaksukaan, akhirnya proses pemakanan bagian tanaman oleh hama menjadi jauh berkurang, dalam dampak yang lebih lanjut pertumbuhan hama dan perkembangan populasinya menjadi terhambat. 

Sebagai pembunuh hama, minyak atsiri sereh mempunyai efek iritasi, efek ini menyebabkan kerusakan pada integument hama, sehingga terjadi proses transpirasi tinggi, hal ini bisa mengakibatkan kematian pada hama tersebut. 

Bagaimana cara penggunaan minyak atsiri sereh untuk penyemprotan tanaman ? 

Siapkan perata terlebih dahulu kemudian campurkan perata dengan minyak atsiri sereh dalam air, aduk hingga rata kemudian masukkan kedalam tanki semprot, pestisida nabati minyak sereh siap di gunakan, untuk interval aplikasi sebaiknya gunakan 6 hari sekali. 

Bagi sahabat tani yang ingin mencobanya, silahkan, pestisida nabati ini aman digunakan, selamat mencoba.
Hama Berikut Ini Bisa Dikendalikan Dengan Minyak Sereh
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan Artikel di atas? Silakan berlangganan artikel terbaru langsung via email.

Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

Kepada pembaca setia kami yang meninggalkan komentar dengan mencantumkan link aktif, tanpa mengurangi rasa hormat komentar anda akan kami delete.

Untuk menambahkan komentar anda harus menjadi anggota blog ini, isi formulir pendaftaran dibawah ini .
Daftar menjadi anggota

Jika ingin menambahkan komentar tapi tidak mau menjadi member blog, silahkan komentar menggunakan kolom komentar facebook.

Terima kasih atas atensi dan kesopanan anda.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Member