Monday, 21 May 2018

Kalender Budidaya Durian Untuk Memaksimalkan Potensi Buah Durian

Kalender Budidaya Durian Untuk Memaksimalkan Potensi Buah Durian

Buah berduri dengan bau menyengat ini hampir disetiap daerah Indonesia kita temui, meski bau menyengat namun banyak orang yang mencintai buah durian ini, di kampung saya bahkan buah yang masih muda dijadikan ibu-ibu sebagai sayur (masak sayur). 

Kebanyakan pohon durian berumur puluhan tahun, sehingga terkadang tidak terlalu dipikirkan orang bagaimana caranya durian bisa berbuah lebat setiap musimnya, padahal untuk memberikan buah yang lebat kepada manusia, pohon durian berjuang sendiri menghadapi rintangannya. 

Kalender budidaya durian bisa membantu kita memahami dan memaksimalkan pertumbuhan durian, dengan catatan, durian yang kita maksud disini adalah durian yang sedang di budidayakan, bukan pohon durian liar yang umurnya sudah puluhan tahun dan tidak diperhatikan asal-usulnya, namun tidak tertutup kemungkinan jika anda ingin merawatnya kembali, dan anda bisa menggunakan kalender durian sebagai pedoman. 
Kalender Budidaya Durian Untuk Memaksimalkan Potensi Buah Durian
(Kalender Durian)
Secara umum budidaya durian menghadapi kendala terutama dalam mempertahankan kualitas buahnya secara berkesinambungan, kalender durian bisa disesuaikan dengan karakter siklus musim durian pada setiap daerah. 

Di bawah ini kita sajikan tabel kegiatan pemeliharaan yang bisa dilakukan pada tanaman durian dengan masa produksi selama satu tahun. 

Bulan Fase Uraian Kegiatan
Januari Masa pemasakan buah (Akhir) Panen buah
Februari Masa pemulihan * Pemangkasan dan wiwil tunas air * Penyiangan area dibawah tanaman * Pengomposan buah afkir * Pemupukan 1 * Pemotongan rumput area diluar tajuk
Maret Masa pemulihan * Pemangkasan dan wiwil tunas air * Penyiangan area dibawah tanaman * Pengomposan buah afkir * Pemupukan 1 * Pemotongan rumput area diluar tajuk
April Masa pertunasan 1 Pengendalian OPT
Mei Masa pertunasan 1 * Pemangkasan dan wiwil tunas air * Penyiangan area dibawah tajuk tanaman * Pemupukan 2 Pemberian Mulsa * Pengendalian OPT Pemotongan rumput area luar tajuk
Juni Masa pertunasan 2 * Pemangkasan dan wiwil tunas air * Penyiangan area dibawah tajuk tanaman * Pemupukan 2 Pemberian Mulsa * Pengendalian OPT Pemotongan rumput area luar tajuk
Juli Periode kering Sterssing
Agustus Masa berbunga * Pengairan * Pengendalian OPT * Pengurangan bunga
September Masa berbunga * Pengairan * Pengendalian OPT * Pengurangan bunga
Oktober Masa perkembangan buah * Pengurangan bakal buah * Pemupukan 3
November Masa perkembangan buah * Kegiatan pra panen * Pemotongan rumput
Desember Masa pemasakan buah Panen dan pascapanen

Memaksimalkan pertumbuhan durian sangat baik dalam mengatasi perubahan musim dan harga buah durian dipasaran, terkadang kita sering mendapati pada musimnya berbuah durian A misalnya, berbuah sangat lebat, namun durian B tidak berbuah sama sekali. 

Fenomena diatas terjadi karena tidak semua pemilik pohon durian ingin dan paham memaksimalkan buah duriannya, sehingga pemilik durian menyerahkan pada nasib, kalau ada buah syukur kalau tidak ada buah ya tidak apa-apa. 

Sebagaimana yang banyak kita temukan, pada awal-awal musimnya harga buah durian bisa melambung tinggi, namun ketika nanti sudah banyak durian lain yang berbuah, mau tidak mau harganya turun drastic, tetangga saya pernah mengalami kejadiannya, pada awal mulanya durian dijual harga satu buahnya bisa mencapai Rp 25000, ketika sudah ramai buah durian dari pohon lain, dia mendapati durian seharga Rp 5000 sebanyak 4 buah. 

Nah disilah kuncinya, jika ingin mempertahankan kualitas harga dan buah durian, kalender durian bisa dimanfaatkan dalam mensiasati perkembangan durian ini dipasaran. 

*) Sumber : Badan penelitian dan pengembangan pertanian, kementrian pertanian
Kalender Budidaya Durian Untuk Memaksimalkan Potensi Buah Durian
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan Artikel di atas? Silakan berlangganan artikel terbaru langsung via email.

Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

Kepada pembaca setia kami yang meninggalkan komentar dengan mencantumkan link aktif, tanpa mengurangi rasa hormat komentar anda akan kami delete.

Untuk menambahkan komentar anda harus menjadi anggota blog ini, isi formulir pendaftaran dibawah ini .
Daftar menjadi anggota

Jika ingin menambahkan komentar tapi tidak mau menjadi member blog, silahkan komentar menggunakan kolom komentar facebook.

Terima kasih atas atensi dan kesopanan anda.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Member