Tuesday, 22 May 2018

Solusi Kesehatan Untuk Rakyat Berpenghasilan Rendah

Solusi Kesehatan Untuk Rakyat Berpenghasilan Rendah

Tanamlah Bayam !! 

Secara kualitas Indonesia barangkali mampu berswasembada pangan, namun secara kualitas juga mutu pangan yang dikonsumsi sebagian besar penduduk masih tergolong rendah, status kesehatan sebagian besar penduduk Indonesia masih perlu ditingkatkan terus-menerus, agar bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusianya dalam menyongsong abad millnia zaman “Now”. 


Malnutrisi merupakan kasus yang selalu menjadi borok dunia kesehatan, baik itu kekurangin vitamin dan mineral (Gizi buruk) masih saja terjadi, khususnya pada penduduk yang berpenghasilan rendah, maka dari itu salah satu solusi (Selain menjadi kaya) mengatasi masalah kesehatan orang miskin ini adalah dengan bertanam bayam.

Sayur bayam merupakan salah satu sumber vitamin dan mineral yang bisa diproduksi dengan biaya murah dan jumlahnya tidak terbatas, dan yang paling penting dari keajaiban sayur bayam ini, dia mengandung serat yang sangat berguna membantu proses pencernaan makanan dalam lambung, sehingga bisa mencegah orang miskin dari penyakit organis kanker lambung. 

Sayuran dengan nama latin Amaranthus spp. L ini, memiliki sekitar 60 genera, dimana masing-masing jenis tersebut tersebar sangat luas, karena keunggulannya bertahan hidup di berbagai alam (Barangkali termasuk alam goib). 

Dari sudut pandang manusia awam (Sinonim dari bodoh), bayam adalah komoditas sederhana dalam artian mudah didapat setiap saat dengan harga yang murah, dan mengolahnya dengan makanan juga sangat sederhana. 

Sebanyak 60 jenis bayam yang masih tersebar tidak menentu itu, kebanyakan bersifat gulma, dan menjengkelkan petani, kalau yang bersifat gulma ini jangan ditanam, jenis bayam yang lain kebanyakan dikembangkan sebagai tanaman hias, obat nabati, pewarna alami, penyedia serat-seratan, penyedia hijauan makanan ternak dan bahan organic penyubur tanah. 

Menariknya Widjaja Hadisoeganda menulis dalam bukunya, bahwa Rumpius (dalam Heyne 1987) menuliskan bahwa “Tanaman bayam hampir diseluruh dunia dikenal dan dihina, keadaan di Indonesia sebaliknya, di Indonesia bayam merupakan tanam yang paling penting diantara tanaman sayuran. 

Diluar pendapat yang cukup menghinakan diatas, bayam adalah salah satu komoditi sayuran yang sudah sangat popular di berbagai lapisan mayarakat Indonesia. 

Solusi Kesehatan Untuk Rakyat Berpenghasilan Rendah
(Ilustrasi)
Seiring dengan berkembangnya penduduk, bayam merupakan salah satu komoditi sayuran yang sebaiknya wajib di budidayakan masyarakat miskin, barangkali maksudnya agar bisa cerdas kemudian bisa culas dan menjadi kaya. 

Prospek sayur bayam ini belum terlalu banyak diketahui orang, apalagi di Indonesia belum diusahakan dalam skala luas, informasi teknis tentang bagaimana cara bertanam bayam yang lembut dan baik ini, InsyaAllah akan kita bahas pada episode artikel berikutnya. 

Selamat menunggu.
Solusi Kesehatan Untuk Rakyat Berpenghasilan Rendah
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan Artikel di atas? Silakan berlangganan artikel terbaru langsung via email.

Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

Kepada pembaca setia kami yang meninggalkan komentar dengan mencantumkan link aktif, tanpa mengurangi rasa hormat komentar anda akan kami delete.

Untuk menambahkan komentar anda harus menjadi anggota blog ini, isi formulir pendaftaran dibawah ini .
Daftar menjadi anggota

Jika ingin menambahkan komentar tapi tidak mau menjadi member blog, silahkan komentar menggunakan kolom komentar facebook.

Terima kasih atas atensi dan kesopanan anda.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Member